Career Tips

Blooming in Positivity: Solusi Mengatasi Ragam Mood Saat Bekerja

16 Mar 2017 16:15 by: Hafni Kusumawardhani

Apakah Anda seorang yang sering mengalami mood swing atau dikenal juga dengan istilah moody? Jangan biarkan ini terjadi berlarut-larut! Mood Swing dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana seseorang mudah mengalami perubahan mood (dari good mood menjadi bad mood dan sebaliknya).  Setiap orang pasti merasakan bad mood karena hal tertentu, namun bila frekuensi bad mood Anda terlalu sering serta tanpa alasan yang jelas, itu mengindikasikan bahwa emosi Anda tidak cukup stabil. Meski bukan gangguan mental kronis, namun bad mood bisa mempengaruhi konsentrasi Anda terutama saat bekerja.

Menurunnya konsenstrasi kerja  yang disebabkan bad mood, akan merugikan Anda. Sebab dunia kerja yang cepat dan dinamis mengharuskan Anda berkonsentrasi untuk dapat mengikuti ritmenya. Untuk itu, simak langkah-langkah mengatasi moody saat kerja.

1.    Don’t expect too much

Awal dari bad mood bisa saja dikarenakan adanya ekspektasi terlalu tinggi terhadap suatu hal maupun seseorang. Anda sangat mengharapakan segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana atau orang lain bersikap seperti yang Anda kehendaki. Sehingga ketika hal tersebut tidak terlaksana, Anda menjadi sangat kecewa. Bila hal ini terjadi, cobalah untuk memahami konsep ini, agar secara perlahan mood Anda dapat berangsur pulih. Cobalah berkata pada diri Anda “yeah, Alright...”

 

2.    Please hide your feelings

Jangan biarkan rekan kerja atau bahkan atasan mengetahui kondisi Anda yang tengah terserang bad mood, terlebih terkena imbasnya. Perasaan murung atau kesal yang dibiarkan tanpa coba diselesaikan, akan bertambah jumlahnya di luar alam bawah sadar Anda. Itu akan membuat Anda semakin lama dalam fase bad mood. Selain itu, profesionalitas Anda bisa jadi terlihat berkurang dikarenakan hal tersebut.  

 

3.    Tea Time!

Teh hangat mungkin akan dapat membantu memperbaiki mood Anda. Kandungan di dalam teh terbukti  berfungsi menghilangkan stres serta menenangkan pikiran. Hilangkan stres dalam sekejap dengan meminum secangkir tisane atau teh herbal yang dicampur dengan jahe. Khasiat jahe yang paling utama adalah sifatnya yang menenangkan.Untuk memberikan efek tenang di kala stres melanda, konsumsi racikan teh chamomile dengan irisan jahe. Healthy and tasty!

 

4.    Let’s play your favorite track

Tidak hanya bisa memengaruhi mood seseorang, mendengarkan musik ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan. Kenapa? Karena pada saat mendengarkan musik dengan nada yang lembut,  jantung akan berdetak lebih pelan, otak serta tubuh akan lebih santai, dan memperlancar pernapasan.  Lana Del Rey – Love atau Banda Neira – Langit dan Laut adalah track yang bisa diandalkan untuk memperbaiki mood.

 

5.    Need a splash

Beranjaklah dari tempat duduk Anda sejenak dan melangkah ke kamar kecil. Selain memberikan waktu  tubuh untuk bergerak, Anda dapat mencuci muka atau buang air kecil untuk menghilangkan stress akibat rasa kecewa tadi. Tidak hanya itu, me-retouch riasan juga akan membuat Anda terlihat lebih fresh dan kembali percaya diri menjalani pekerjaan.

 

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER